Kunjungan Tim Survey Kementerian Perindustrian

Kunjungan Kemen Perindustrian 1Senin, 10 Agustus 2015. Kepala Bidang Perindustrian Disperindang Surakarta, Sri Wahyuni, M.M. dan Tim Survey Kementerian Perindustrian berkunjung ke Kampoeng Batik Laweyan guna mencari data-data terkait Pengelola Sentra Industri Kampoeng Batik Laweyan,  fasilitas-fasilitas pendukung sentra industri yang sudah tersedia maupun yang belum tersedia namun mendesak untuk dibangun. Dalam diskusi singkat ini Ketua FPKBL, Alpha Febela Priyatmono menjelaskan secara detil perkemKunjungan Kemen Perindustrian 2bangan Kampoeng Batik Laweyan dari 25 September 2004 sampai sekarang. Grand Design Kampoeng Batik Laweyan tahun 2005 setahap demi setahap telah direalisasikan yang dimulai dari wilayah kelurahan Laweyan dan diteruskan ke berapa wilayah sekitar yaitu wilayah kelurahan Sondakan, kelurahan Bumi, kelurahan Pajang dan kelurahan Purwosari. Salah satu rencana proyek bersama 4 kelurahan tersebut adalah pewnyelenggaraan Laweyan Night Market dengan target uji coba pelaksanaannya pada akhir bulan Agustus 2015.

Selain pelaksanaan Laweyan Night Market untuk kawasan kelurahan Laweyan dan sekitarnya, FPKBL juga punya wacana untuk menjadikan Kota Solo sebagai The World of Green Batik . Gagasan besar Kunjungan Kemen Perindustrian 4ini telah didiskusikan antara Ketua FPKBL dengan Menteri Perdagangan Rahmat Gobel di Beteng Vastenberg, pada saat berlangsungnya Pameran Pangan Nusa dan Produk Dalam Negeri Regional. Segera setelah diskusi tesebut akan dibuat Grand Design tentang Surakarta sebagai The World of Green Batik dan Kampoeng Batik Laweyan sebagai proyek percontohannya. Grand Design akan dibuat bersama antara FPKBL, SCCN, UMS dan UNS.

Demikian sekilas tentang perkembangan terkini Kampoeng Batik Laweyan yang telah disampaikan Ketua FPKBL kepada Kepala Bidang Perindustrian Disperindang Surakarta. dan Tim Survey Kementerian Perindustrian saat berkunjung ke Laweyan, semoga data-data yang telah disampaikan baik dari Ketua FPKBL maupun responden lain bisa memberikan masukan yang akurat sehingga bisa menjadikan program kerja pemerintah pusat yang tepat sasaran.

Kunjungan Tim Survey Kementerian Perindustrian