Pelatihan Toko Online Instant dan BosToko

Toko Online Instant BosToko(7 oktober 2015) FPKBL bekerjasama dengan Telkom Solo mengadakan Pelatihan Pembuatan Toko Online Instant dan BosToko selama 2 hari untuk 50 peserta dari UKM Kelurahan Laweyan, Pajang, Sondakan, Bumi dan Purwosari. Pada sesi pertama para peserta diajari cara membangun Toko Online Instant dengan aplikasi Jarvis Store yang cocok bagi pemula karena tak harus menguasai bahasa pemrograman yang rumit namun cukup dengan melakukan pengisian data sederhana dan melakukan pengaturan yang mudah. Dalam hitungan menit saja, para peserta bisa membangun toko onlinenya dengan tampilan yang bagus dan siap dipublikasikan sehingga bisa langsung bisa dipakai bertransaksi.

Pada sesi kedua, para peserta diberi pengetahuan dasar aplikasi BosToko Online yang berfungsi untuk pencatatan penjualan atau keluar masuknya barang secara online sehingga sang pemilik toko dapat melakukan pengawasan toko-tokonya dengan mudah. Aplikasi BosToko Online bisa diakses lewat PC, Android, iPhone dan iPad.

Menurut Etha (Community Management Telkom Solo), Pelatihan Aplikasi Teknologi Informasi semacamĀ  Toko Online Instant dan BosToko ini sangat perlu bagi UKM Indonesia dalam menghadapi persaingan global yang sudah di depan mata sejak dicanangkan Perdagangan Bebas MEA (Masyarakat Ekonomi ASEAN) 2015 yang menuntut kemampuan UKM untuk menguasai TI dalam menjalankan bisnisnya.

Selain memberikan pelatihan-pelatihan TI, Telkom Solo juga sedang melakukan percepatan pembangunan jaringan kabel FO (Fiber optik) sehingga masyarakat pengguna Speedy bisa memperoleh akses internet yang makin cepat dan stabil denga harga terjangkau.

Kampoeng Batik Laweyan yang ditunjuk sebagai wakil Surakarta sedang dalam proses pendirian sebagai Kampung UKM Digital. Proses ini mengalami percepatan guna melengkapi target nasional tahun 2015 untuk membangun 60 Kampung UKM Digital. Semoga segera bisa direalisasikan dengan lancar demi memakmurkan bangsa Indonesia…. :)

Pelatihan Toko Online Instant dan BosToko